Mendinginkan Radeon HD4850

ATI RADEON HS4850 selama ini kan sering rusak? *bener ga tuh?* maybe!
banyaknya korban yang melibatkan pemakai HD4850 ini mengeluh sering kepanasan dan mati, *orangnya apa ATI nya?, VGA nya.. wkwkw* karena akibat putaran fan yang benar² terlalu pelan (slow), hal ini cukup membuat pemilik panik, gelisah, dan dilanda kecemasan serta depresi yang cukup mendalam.. *kayak maw kehilangan binik aje* emang faktanya bebebebebeberapa pemilik wkwk-- Radeon tersebut, ada yang gemetar mencoba merogoh koceknya lagi untuk melihat masih adakah uang tersisa untuk mengganti pendingin standart dengan aksesoris VGA cooler yang mahal itu, *bukan ac, kipas angin, kulkas atau radiator* sementara ada pula yang hanya pasrah sambil termanggu untuk menunggu kedatangan software utility RivaTuner yang dapat mengontrol fan secara manual.. *kasihan ya..* tapi! *wedew* saya punya sedikit solusi untuk mengatasi problem overheat tersebut.. *apa tuh?* wani piro??

wakaka.. yang pasti bisa diperoleh secara gratis tis tis tis... apa? geratis, ga perlu bayar atau ikutan kontes supermie mencari bakat wkwkw,, tapi sekarang itu supermie mencari bakat nominasinya keren² loh.. *ew* jadi ngomongin vGa apa supermi nih? ya deh.. begini.. menurut buku tata sutarma *sule mode* 'kalau belom dicoba jangan bicara', nah nih yang mau gue kasih, dengan merubah file profile yang ada dalam directory windows maka secara manual *jah jadul* akan berubah pula kecepatan putaran fan, begini langkah²nya:

1. Masuk ke menu
Catalyst Control Center *menu ya bukan tempat service Catalyst Control Center*, aktifkan ATI Overdrive kemudian pastikan setting clock GPU dan memori telah benar.

2. Buat profile catalyst, semisal dengan nama Reviewlan.XML otomatis *katanya manual* ya ini pas aja otomatis :P, ostosmastis  akan muncul ke dalam directory dibawah ini :
pada windows vista: C:\User\NamaKamu\AppData\Local\ATI\ACE\Reviewlan.XML
pada windows xp: C:\Document and Setting\NamaKamu\Local Settings\Application Data\Local\ATI\ACE\Reviewlan.XML

3. Buka bungkus rokok dulu *ngedem utek, haiahiaha* buka file Review.XML yang tercipta ntuh dengan Wordpad, maka isinya yaitu yakni adalah ialah sebagai berikut:
<Feature name="FanSpeedAlgorithm_0">
<Property name=""FanSpeedAlgorithm"value="Manual"/>
</Feature>
<Feature name="FanSpeedRPMTarget_0">
<Property name="Want"value="0"/>
</Feature>
<Feature name="FanSpeedPercentTarget_0">
<Property name="Want"value=65"/>

 

4. Yang perlu anda lakukan adalah menubah value ke "Manual" dan Want value ke "65"

5. Save file tersebut dan ambil kopi atau susu coklat dulu *gleks* lalu reload profile tersebut di Catalyst

6. Beres (bedjat : bedtul) *50:50* canda.. :D

Setelah itu maka karena buku tata sutarma dan kontes supermi mencari bakat tadi rotasi putaran fan akan meningkat menjadi 65% sekitar berapa ya? *5000RPMan lah* sehingga suhu idle yang semula 75C *tau dr mana ez? bukunya sule* dapat turun drastis menjadi 45C saja, dan suhu full load yang semula 85C juga menurun menjadi 65C.
*ya ada yang bertanya? bagus tidak ada* ha?
ez kalo diatur 100% ataw 8000RMP bagaimana? kan tambah dingin..?
dingin sih iya, cuman *atah* kalo diatur 100% akan menghasilkan vibrasi yang berlebihan, fan juga akan cepet rusak bila dipaksa terus kecepetan 100% seperti itu. ya amanya 70% lah..
kalo mau lebih dingin di kasih kipas angin aja.. wkwkwkw... ato kalo dah panas di rendem di bak mandi.. sudah cukup sekian terima kasih...
eitsss lupa.. jangan lupa??? *maskud elo? gini, tiap kali abis start up masuk ke windows kamu harus me-reload profil Reviewland tadi.. *oOo* ya,ya,ya?? hehe.. ga bayar kan?? ya sih cuman rada ribet *hayah* baca di ulang² aje, udah ah.. mau lanjutin install windows dulu...